Tuesday, December 7, 2010

Gerakan-gerakan Islam di Indonesia

Dulu kita hanya mengenal  Muhammadiyah, NU, Persis, AL Irsyad. Sekarang ini kita mengenal islam transnasional, antara lain JT (Jamah Tablig), Salafi, HT (Hizbut Tahrir), Ikhwanul Muslimin, Jamaah Tarbiyah dan Gerakan Syiah. Cukup bingung bagi anak muda yang sedang mencari Islam yang mana yang akan dia pilih untuk bergabung. Namun kebenaran memang harus terus dicari. Pencarian kebenaran yang ikhlas, dengan memaksimalkan daya dan upaya, maka Allah yang maha Kasih akan menunjukinya kepada kebenaran, seperti firmannya:"Barang siapa yang sungguh2 mencari petunjukku, maka Aku akan memberinya petunjuk". Baik menagmbil kata imam Syafii jika kita beda pendapat dengan teman yang beda aliran dakwah:" Pendapataku benar (menurutku), tapi mungkin mengandung salah, sedang pendaptmu salah (menurutku), tapi mungkin juga mengandung kebenaran. 

Di abad informasi internet yang luar biasa besarnya dan luar biasa mudahnya mencari informasi. maka persoalan terpenting adalah persoalan validasi informasi, tentu dari sisi keyakinan, sehingga kita menjadi mantap dengan pilihan dan pendapat kita, mengambil kebaikan dari kelompok lain, jujur mengakui kelemahan kelompok sendiri, tidak merasa yang paling benar, tidak menjelek-jelekkkan kelompok lain, dan bersikap "fastabiqul khaiirat" berlomba-lomba dalam kebaikan.

Berikut ini saya kutipkan link untuk mengenal deskripsi singkat gerakan-gerakan dakwah di Indonesia yang bersifat transnasional tersebut, semoga dapat menjadi informasi dan tambahan wawasan. Pada pengelola/pemilik blog : ALKUNDANGI, syukron, dan Mohon ijin untuk menyebarkan kepada sahabat-sahabat yang sedang mencari kebenaran :

LINK :  Islam Transnasional

No comments:

Post a Comment