Sunday, June 27, 2010

Khutbah dan Konversi File Audio

Bermula dari keinginan dokumentasi dakwah. Khususnya dokumentasi khutbah jumat, untuk mungkin dapat di share bagi teman-teman yang ingin belajar khutbah, kebiasaan saya selalu merekam khutbah jumat. Agak minta maaf pada panitia jumaatan yang selalu meminta jamaah jumat menonaktifkan atau mematikan alat komunikasi, maka demi penyebaran dan evaluasi materi saya terpaksa tetap menghidupkan HP saya dengan silent untuk merekam khutbah saya.
Permasalahan ketika saya mau sharing file audio yang ber-format AMR. cari2 di google ketemu cara pasang audio player di blog, dengan ngetik di google teks:
pasang audio player di blog terus klik search. Saya dapatkan link alamat milik akhi abu-farhan :ini . Terima kasih akhi!
Setelah saya lacak saya kemudian mendapatkan bahwa saya harus upload file audio saya di : http://www.archive.org yang dapat di klik disini

Singkat cerita saya sign-up dan upload file AMR saya. Berhasil, dan hasil File audio saya dapat dipanggil, audio player dapat di-embedd dalam blog saya.
Waduh ternyata player yang memainkan AMR tidak didukung oleh archive.org, jadilah jika di-embedd audio player yang memainkan MP3 yang terjadi adalah suara yang sangat jelek, seperti contoh posting sebelum ini.
Kepikir pasti kalau di-konvert dulu file AMR saya ke file MP3 hasilnya akan lebih bagus.
Tanya mbah google, cara konversi AMR ke MP3 ketemu :
Saya mendapatkan bantuan dua link ini :
1. http://digitalhuda.com/
2. http://islam-download.net/software-free-gratis-terbaru/multimedia-audio-video/software-konversi-audio.html#axzz0s0qyY3QU
Alhamdulillah telah berhasil download software , bernama :Swicth Sound Converter :
dari http://www.nchsoftware.com
Alhamdulillah konversi dapat dilakukan. Satu hal yang harus diingat ternyata ukuran file jadi 5 kali lipat, AMR khutbah 20 menit cukup 2 M setelah dikonversi ke MP3 jadi 20 M, yah tak apalah...
Inilah hasil konversi tersebut : Download File MP3

Play File Audio MP 3 Khutbah :Play MP3 Khutbah

No comments:

Post a Comment