Monday, June 4, 2012

DOSA INVESTASI

Kalisa Religia Episode 22
Di zaman ini, kita akrab pasti dengan kata investasi. Jika kita memiliki modal, kita investasikan pada cara tertentu entah pada usaha real, perbankan atau cara lain. Yang jelas begitu kita menaruh modal , maka kita berharap akan mendapatkan kiriman keuntungan. Lantas apa maksud dosa investasi? tidak bermaksud mengupas dosa pada investasi yang haram, tetapi yang kami maksudkan adalah Dosa Yang Kita Dapatkan Padahal Kita Tidak Melakukan Perbuatan Dosa. Kita Cukup hanya DIAM, maka kita mendapatkan kiriman dosanya. Apakah dosa itu? Itulah dosa-dosa sistemik, yaitu dosa yang dilakukan karena kita tidak mau menerapkan Islam secara sistemik. Jika ada seorang muslim melakukan dosa, maka muslim lain yang tidak melakukan apa-apa, cukup dengan DIAM akan mendapatkan kiriman dosanya. Jenis dosa investasi ini luar biasa. Karena ia termasuk dosa-dosa besar. Seperti berzina, mencuri, atau membunuh.
Bagaimana penjelasannya? Sederhana saja. Jika ada seorang yang berzina, siapa yang berdosa? Dengan lugu kita pasti bilang :"ya yang berzina dong..! masa saya yang gak ikutan harus menanggung dosa.". Tapi kami katakan jawaban itu salah. Jawaban yang benar adalah: "Jika ada yang berzina, maka yang berdosa adalah yang berzina dan semua kaum muslimin yang diam". Yang berzina jelas dosa karena ia berzina. Kaum muslimin semua dosa karana ia DIAM terhadap perintah Allah Surat AN Nur ayat 2.
Kalau ada yang mencuri siapa yang berdosa? jawabannya mirip: " Yang mencuri dan seluruh kaum muslimin". Yang mencuri berdosa karena mencuri, dan kaum muslimin semua dosa karena ia DIAM terhadap perintah Allah QS AL Maidah ayat 38.
Demikian seterusanya, jika ada yang membunuh, siapa yang berdosa? Jawabanya:" yang membunuh dan seluruh kaum muslimin". Yang membunuh dosa karena membunuh, seluruh kaum mulismin dosa karena DIAM terhadapa perintah Allah ayat 178 surat Al Baqarah. dst dst... aduhai berapa banyak orang berzina, dan mencuri setiap hari, berapa orang yang membunuh setiap hari,.. berapa sebulan berapa setahun... dan berapa kiriman dosa yang kita lakukan karena kita DIAM????????
Bagaimana kita bisa terhindar dari dosa-dosa semacam itu? Atau masih kurang percayakah bahwa DIAM itu adalah dosa? Mari kita renungkan ayat Allah QS Al Anfal 25 : "Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya". Inilah perintah bagi kita untuk terhindar dari siksa dan dosa... yaitu bergerak dan berjuang agar keadaan ini tidak seterusnya seperti ini. Yakni dengan berjuang agar Islam secara sistemik dapat berjalan . Jangan berpuas dengan islam ritual, shahadat, shalat, zakat,haji, shadaqoh, dst.. yang berskala individu sementara abai dan tidak serius dan bahkan alergi tidak tertarik mendakwahkan islam Sistemik. Wal hasil kita kelihatan alim dan sangat "beragama" sementara sebenarnya kita telah zholim karena membiarkan ummat ini tidak kunjung mengerti hakekat Islam yang mestinya MENGATUR SELURUH KEHIDUPAN KITA. Jangan-jangan segala pahala dari ritual kita tidak mencukupi untuk menebus dosa-dosa investasi yang semakin deras dikirim ke rekening kita setiap detik .....Nauzubilahi minzalik..

No comments:

Post a Comment